Tuesday, November 29, 2011

Cara Memanfatkan Sampah Kertas dan Majalah Bekas

Sampah kertas berserakan di meja kerja kantor, semakin hari dokumen-dokumen yang sudah tidak terpakai juga makin menumpuk di salah satu sudut ruangan. Sedangkan dirumah majalah dan buku-buku bekas sudah tidak muat lagi untuk disimpan di lemari. Beberapa hari saya mencari cara untuk memanfaatkan "sampah" ini. Akhirnya saya memutuskan untuk mencoba menjadikan kertas-kertas tersebut sebagai bahan untuk membuat kerajinan paper quilling. Saya menggunakan alat-alat sederhana untuk melakukannya, cukup dengan penggaris, pensil, dan cutter saja untuk memotong kertas-kertas tersebut sesuai ukuran yang saya inginkan.

Sambil menunggu kertas quilling yang saya pesan beberapa hari yang lalu, saya bisa memanfaatkan bahan hasil daur ulang kertas dan majalah bekas tersebut untuk sekedar mencoba berkreasi, menuangkan ide-ide yang sudah banyak terkumpul di kepala. Saya memotong kertas-kertas tersebut dengan ukuran yang bervariasi, tapi yang paling banyak adalah untuk ukuran 0,5x20 cm dan 1x20 cm yang setahu saya merupakan ukuran yang sering digunakan dalam bahan paper quilling


Hasilnya ternyata cukup lumayan untuk bahan dari kertas dan majalah bekas. Daripada membiarkan tumpukan kertas dan majalah bekas tersebut semakin memenuhi ruang kerja atau rumah kita, tidak ada salahnya kita menggunakannya untuk berkreasi. Tergantung sejauh mana kita bisa berimajinasi untuk menghasilkan karya yang lebih berguna, daripada hanya menjadi "sampah". Mari mulai berpikir kreatif mulai dari sekarang. Saya bisa, Anda juga pasti bisa! :)


Salam kreatif

No comments:

Post a Comment