Thursday, August 12, 2010

Memulai paper quilling

Dimulai dari beberapa hari yang lalu saat sedang menonton tv saya melihat sebuah acara yang menayangkan tentang usaha kerajinan kertas. Usaha tersebut dikelola oleh sepasang suami istri yang relatif masih muda. Ternyata hanya dengan berbekal ide-ide kreatif bisa menghasilkan karya-karya yang tidak hanya bernilai seni tetapi juga bernilai jual yang tinggi. Hasil karya mereka sangat diminati oleh konsumen yang kebanyakan adalah para remaja yang mencari barang-barang atau aksesoris unik dan kaya warna.

Terinspirasi dari kisah itulah saya kemudian mencari berbagai informasi tentang kerajinan tangan dari kertas. Mulai dari berbagai blog, situs-situs penyedia alat tulis dan kerajinan, hingga melihat video-video di youtube yang berkaitan dengan kerajinan yang terbuat dari kertas. Setelah browsing kesana kemari dan menemukan berbagai macam kerajinan yang bisa dibuat dari kertas, saya memilih satu kerajinan yang menurut saya sangat unik, yaitu pembuatan berbagai macam hiasan atau kerajinan kertas dengan teknik "quilling".

Semakin banyak saya browsing tentang paper quilling ini saya semakin banyak juga menemukan berbagai macam variasi hiasan yang bisa dibuat dengan teknik quilling ini. Mulai dari yang sangat sederhana yang hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk membuatnya, hingga sebuah karya yang rumit dengan detail yang sangat mengagumkan dan penuh warna. Karena itu semakin kuat tekad saya untuk mulai belajar membuat sendiri hiasan-hiasan tersebut. Awalnya sebagai hobi siapa tahu nantinya bisa menjadi usaha sampingan yang menambah pundi-pundi rupiah. :D



14 comments:

  1. hi,salam kenal...saya juga hobi quilling, follow blog saya ya...di www.oetine.blogspot.com...kita kenalan...oia, apakah anda tertarik untuk ikutan craft 4 charity? kita berkreasi sambil beramal...kontak2 saya ya kalau berminat...

    ReplyDelete
  2. hi,saya pun berminat nak belajar buat quilling ni.harap boleh tunjuk ajar..frm malaysia

    ReplyDelete
  3. @mega : makasih.. :)

    @utine : craft 4 charity? wah boleh jg tuch, saya jg baru aktif lagi di paper craft setelah vakum selama 1 thn,sekarang baru mau mulai lg.nanti saya hubungi kalo berminat,thanks infonya

    @little girl : silahkan jika mau bertanya2, kita belajar sama2.. :)

    ReplyDelete
  4. hai,aku juga mulai berminat belajar berkreasi dgn paper quilling. Kalau boleh tau bisa mendapatkan kertas paper quilling itu dari mana ya?

    ReplyDelete
  5. Hai sista @zareza, saya menyediakan kertas untuk bahan paper quilling klo sista berminat :)
    untuk pertanyaan lebih lanjut silahkan hubungi melalui http://kertasgulung.blogspot.com/p/order-pertanyaan.html

    ReplyDelete
  6. sist , blognya menarik jadi ingin mencoba nih . Mohon bantuannya yah ..... Terima kasih :)

    ReplyDelete
  7. sgt menarik, saya jadi tertarik ingin mencoba membuatnya... mhn bantuannya yc :)

    ReplyDelete
  8. kereeennn...jd pengen ikutan bikin... :)

    ReplyDelete
  9. cara pembuatanya boleh disertakan tidak dalam bentuk vidoe? untuk memudahkan saya mencoba dirumah. terima kasih

    ReplyDelete
  10. mcm mana nk buat semua itu .... maksud sy yg dlm bekas putih itu....step by step bg setiap corak tu yer...

    ReplyDelete
  11. Menarik kaka,bisa tambah kreatifitas.ada tutorial kerajinan yang lain ngga..?

    ReplyDelete
  12. Klo kena air ancur ga?? Biar ga ancur mesti dilapisi dengan apa kertasnya

    ReplyDelete
  13. wah, menarik sekali,,,,jadi ingin coba deh.

    ReplyDelete