Thursday, August 12, 2010

Alat dan bahan untuk membuat paper quilling

Untuk memulai kreasi kita dengan paper quilling tentu saja kita membutuhkan alat dan bahan. Diantaranya yang perlu kita siapkan adalah 
  1. Kertas quilling (kertas dengan ukuran kecil memanjang) biasanya ukuran 3-6 mm. Kertas ini tersedia dalam bentuk jadi yang sudah dikemas atau kita bisa menggunakan kertas A4 warna dengan berat 80 gram. Kertas A4 tersebut lebih tipis daripada kertas khusus quilling yang tersedia di pasaran, akan tetapi tetap bisa digunakan, apalagi untuk pemula yang baru belajar membuat paper quilling karena harga kertas khusus quilling relatif mahal. Kertas A4 tersebut bisa kita potong dengan menggunakan cutter sesuai dengan ukuran yang diinginkan (3-6 mm atau lebih).
  2.  Jarum quilling , jarum yang mempunyai celah diujungnya yang berfungsi untuk menjepit kertas pada saat memulai membuat gulungan kertas. Jarum ini untuk mempermudah dalam membuat gulungan kertas sehingga lebih rapi. Tetapi alat ini tidak mutlak harus digunakan karena kita bisa menggantinya dengan lidi atau sekedar memulai gulungannya dengan jari. Untuk mempermudah dalam membuat gulungan kertas ini terlebih dahulu tipiskan bagian ujungnya dengan kuku sehingga bisa melengkung dan lebih mudah untuk menggulungnya.
  3. Quilling mate , sama halnya dengan jarum quilling, alat ini juga tidak mutlak diperlukan. Alat ini berbentuk papan plastik dengan lubang-lubang yang bervariasi diameternya. Digunakan untuk mencetak hasil dari gulungan kertas yang kita buat agar ukurannya bisa seragam jika kita membuatnya dalam jumlah banyak.
  4. Lem kertas , lem kertas digunakan untuk merekatkan ujung gulungan-gulungan kertas yang telah kita buat atau pun untuk merekatkannya pada media yang akan kita hias (kartu, scrapbook, kotak hadiah, dll).
Minimal dengan alat dan bahan diatas kita sudah dapat memulai untuk membuat kreasi paper quilling kita. Siapkan ide-ide kreatif yang dapat kita tuangkan pada media yang akan kita hias. Di posting selanjutnya saya akan memberikan tutorial mengenai tahap-tahap dasar pembuatan paper quilling ini.

1 comment:

  1. Kami dari istana Kertas !! mengadakan promo bulan february untuk kertas jenis kokoru baik hachi dan ichi :
    spesifikasi kokoru ichi :
    *ukuran stick bar
    *1box berisi 40 pcs kokoru .1pcs berisi 56 lembar stick
    * terdiri dari 8 warna kombinasi.
    *tersedia 3 warna : cerah (ichi),gelap(ichiro),kalem(ichigo)
    Spesifikasi kokoru hachi:
    *ukuran A4
    *1 box berisi 25 pcs .1 pcs berisi 8 lembar
    *terdiri dari 8 warna kombinasi
    * tersedia 3 warna : cerah(hachi),gelap(hachro),kalem(hachigo)
    Dapatkan harga promo dari kami dengan pembelian minimal 2 box dengan harga :Rp.12.000
    buruan mumpung masih ada !!!!! segera hubungi :081218878769 (istanakertas3@gmail.com)

    14 Februari 2013 23.11

    ReplyDelete